DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL
ABSTRAK ...……………………………………………………………….. i
UCAPAN TERIMA KASIH...………………………………………...…… ii
DAFTAR
ISI……………………………………………………………...… iii
DAFTAR
GAMBAR………………………………………………………. v
DAFTAR
TABEL……………………………………………………….…. vi
DAFTAR NOTASI……..……………………………………………….…. viii
DAFTAR LAMPIRAN………………………………………………….…. ix
BAB I PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang………................................................................... 1
1.2
Rumusan Masalah.......................................................................... 3
1.3
Tujuan Penelitian........................................................................... 3
1.4
Manfaat
Penelitian......................................................................... 3
1.5
Batasan Masalah............................................................................ 3
BAB II TINJAUAN
PUSTAKA
2.1 Klasifikasi
dan Fungsi Jalan........................................................... 5
2.2 Karakteristik
Wilayah Studi.......................................................... 10
2.3 Kondisi
Geometrik dan Kondisi Lingkungan................................ 10
2.3.1 Variabel.......................................................................................... 12
2.3.2 Hubungan Arus-Kecepatan-Kepadatan......................................... 24
2.4 Biaya
Tundaan Lalu Lintas............................................................ 26
2.4.1 Volume Lalu
Lintas....................................................................... 27
2.4.2 Waktu Tempuh
Perjalanan............................................................. 27
2.4.3 Biaya Operasi
Kendaraan.............................................................. 28
2.4.4 Nilai Waktu
Perjalanan.................................................................. 34
2.4.5 Perumusan
Perhitungan Biaya Perjalanan..................................... 40
BAB III METODE
PENELITIAN
3.1 Kerangka
Analisis.......................................................................... 43
3.2 Penentuan
Lokasi........................................................................... 44
3.3 Studi
Pendahuluan......................................................................... 45
3.4 Metode
Pengumpulan Data........................................................... 45
3.4.2 Survei Hambatan Samping
Jalan................................................... 48
3.4.3 Survei Volume Lalu Lintas Pada Ruas Jalan................................ 48
3.4.4 Survei Kecepatan.......................................................................... 51
3.5 Analisis
Data.................................................................................. 52
BAB IV METODE PENELITIAN
4.1 Data Masukan…............................................................................ 55
4.1.1 Data
Primer……………………………….................................... 55
4.1.2 Data Sekunder............................................................................... 59
4.2 Analisis
Data……………………………….................................. 62
4.2.1 Analisis Volume
Lalu Lintas.......................................................... 62
4.2.2 Analisis
Kecepatan Arus Bebas..................................................... 63
4.2.3 Analisis
Kapasitas Jalan................................................................. 63
4.2.4 Analisis Waktu
Perjalanan............................................................. 64
4.3 Analisis Kinerja
Ruas Jalan…………............................................ 65
4.4 Analisis Biaya Operasi
Kendaraan................................................. 66
4.4.1 Analisis BOK
Kendaraan Ringan dan Kendaraan Berat................ 66
4.4.2 Analisis BOK
Sepeda Motor………….......................................... 71
4.5 Analisis Nilai
Waktu Perjalanan..................................................... 73
4.6 Analisis Biaya
Perjalanan……....................................................... 74
4.6.1 Analisis Biaya Perjalanan Pada Kondisi Kecepatan Arus Bebas... 74
4.6.2 Analisis Biaya Perjalanan Pada Kondisi Adanya Tundaan............ 75
4.6.3 Analisis
Selisih Biaya Perjalanan Akibat Adanya Tundaan........... 75
BAB V METODE PENELITIAN
5.1 Simpulan………............................................................................. 78
5.2 Saran……………........................................................................... 78
DAFTAR PUSTAKA..................................................................................... 79
LAMPIRAN…………....................................................................................
DAFTAR GAMBAR
Gambar
2.2 Hubungan Umum antara Kecepatan, Tingkat Pelayanan dan
Rasio
Volume Terhadap Kapasitas Jalan............................... 24
Gambar
2.3 Hubungan Arus-Kecepatan-Kepadatan................................. 25
Gambar
2.4 Grafik Hubungan Biaya Operasional dan Pengeluaran......... 30
Gambar 3.2 Peta Jalan Imam Bonjol.......................................................... 44
Gambar 3.3 Formulir Survei Inventarisasi Geometrik Ruas Jalan............. 47
Gambar 3.4 Penempatan
CCTV................................................................ 50
Gambar 3.5 Formulir Survei Volume Lalu Lintas..................................... 51
Gambar 3.6 Formulir Survei Waktu Perjalanan......................................... 52
Gambar 4.1 Penampang Melintang Jalan Imam Bonjol............................ 58
DAFTAR TABEL
Tabel
2.1 Kelas Ukuran
Kota................................................................ 12
Tabel
2.2 Kelas Hambatan Samping untuk
Jalan Perkotaan................. 12
Tabel
2.3 Emp untuk Jalan Perkotaan Tak
Terbagi............................... 13
Tabel
2.4 Emp untuk Jalan Perkotaan
Terbagi dan Satu Arah.............. 13
Tabel
2.5 Kecepatan Arus Bebas Dasar FVo,
untuk Jalan Perkotaan
…………………………………………………………....... 15
Tabel
2.6 Faktor Penyesuaian Kecepatan Arus
Bebas untuk lebar jalur
lalulintas (FVw)..................................................................... 15
Tabel
2.7 Faktor Penyesuaian Kecepatan Arus Bebas Akibat Hambatan
Samping
FFVSF Untuk Jalan yang Mempunyai Bahu
Jalan………………………………………………………... 16
Tabel
2.8 Faktor Penyesuaian Kecepatan Arus Bebas Untuk Hambatan
Samping
(FFVSF) Untuk Jalan yang Mempunyai Kerb.........
17
Tabel
2.9 Faktor Penyesuaian Kecepatan Arus Bebas Untuk Ukuran
Kota
(FFVCS) Untuk Jalan Perkotaan.................................... 17
Tabel
2.10 Kapasitas Dasar Co, untuk Jalan
Perkotaan.......................... 18
Tabel
2.11 Faktor Koreksi Kapasitas akibat
Lebar Jalur (FCw)............. 19
Tabel
2.12 Faktor Koreksi Kapasitas untuk Pemisah
Arah (FCSP)......... 19
Tabel
2.13 Faktor Koreksi Kapasitas Akibat Hambatan Samping
(FCSF)
untuk Jalan Yang Mempunyai Bahu Jalan................. 20
Tabel
2.14 Faktor Koreksi Kapasitas Akibat Hambatan Samping
(FCSF)
untuk Jalan Yang Mempunyai Kerb.......................... 20
Tabel
2.15 Faktor Koreksi Kapasitas Akibat Ukuran Kota (FCCS)......... 21
Tabel
2.16 Hubungan Antara
Tingkat Pelayanan
Jalan, Karakteristik
Arus Lalu lintas dan Rasio
Volume Terhadap Kapasitas
(Rasio
Q/C)……………………...………………………..... 23
Tabel
2.17 Faktor Koreksi Konsumsi Bahan Bakar Dasar Kendaraan... 30
Tabel
2.18 Konsumsi Dasar Minyak Pelumas
(liter/km)........................ 31
Tabel
2.19 Faktor Koreksi Konsumsi Minyak Pelumas Terhadap Kondisi
Kekasaran
Permukaan........................................................... 31
Tabel 2.20 Rata-rata
Jumlah Penumpang dan Pendapatan Untuk Tiap
Jenis Kendaraan.................................................................... 35
Tabel
2.21 PDRB per kapita Kota Denpasar.......................................... 37
Tabel
2.22 Nilai Waktu Perjalanan Berdasarkan Data Internasional
1965–1995 (Dipilih).............................................................. 37
Tabel
2.23 Nilai Waktu Perjalanan Studi Feasibility Study on Road
Network
Improvement in Bali (1995)...................................
38
Tabel
2.24 Nilai Waktu Perjalanan Preparation of Urban Road
Infrastructure Improvements in Denpasar (1997)................. 38
Tabel
2.25 Nilai Waktu Perjalanan Berdasarkan Perkiraan Pendapatan
Per Jenis Kendaraan................................................................ 39
Tabel
2.26 Nilai Ekonomi Waktu Perjalanan Berdasarkan Jenis
Kendaraan Hasil Studi PTS-BUIP (1999)............................ 40
Tabel 4.1 Volume Lalu
Lintas Pada Jam Puncak (peak hour).............. 56
Tabel 4.2 Data Waktu
Perjalanan (Arah Utara-Selatan)....................... 56
Tabel 4.3 Data Waktu
Perjalanan (Arah Selatan -Utara)....................... 57
Tabel 4.4 Kecepatan
Rata-rata Perjalanan Menggunakan Data Survey
Waktu
Perjalanan.................................................................. 58
Tabel 4.5 Data Geometrik
Jalan……………………………................ 58
Tabel 4.6 Kelas Hambatan
Samping Untuk Jalan……......................... 59
Tabel 4.7 PDRB Per
Kapita Kota Denpasar......................................... 60
Tabel 4.8 Laju Pertumbuhan
PDRB Per Kapita Kota Denpasar........... 60
Tabel 4.9 Data Harga
Komponen BOK............................................... 61
Tabel 4.10 Volume Lalu
Lintas pada Jam Puncak (peak hour).............. 62
Tabel 4.11 Perhitungan
Volume Lalu lintas pada Jam Puncak
(peak hour) dalam satuan smp/jam........................................ 63
Tabel 4.12 Perhitungan
Kecepatan Arus Bebas.……………................. 63
Tabel 4.13 Perhitungan
Kapasitas Ruas Jalan……................................. 64
Tabel 4.14 Waktu
Perjalanan Berdasarkan Kecepatam Perjalanan......... 64
Tabel 4.15 Waktu Perjalanan
Menggunakan Kecepatan Arus Bebas..... 65
Tabel 4.16 Tingkat Pelayanan
Jalan Berdasarkan Derajat Kejenuhan.... 65
Tabel 4.17 Faktor
Koreksi Akibat Kondisi Arus Lalu lintas (k1)........... 66
Tabel 4.18 Perhitungan BOK
untuk Kendaraan Ringan………............ 68
Tabel 4.19 Perhitungan BOK
untuk Kendaraan Berat........................... 68
Tabel 4.20 Nilai Biaya
Operasi Kendaraan Ringan……………............ 70
Tabel 4.21 Nilai Biaya
Operasi Kendaraan Berat...……………............ 71
Tabel 4.22 Perhitungan BOK
Sepeda Motor………….......................... 72
Tabel 4.23 Biaya Perjalanan
Pada Kondisi Kecepatan Arus Bebas....... 74
Tabel 4.24 Biaya Perjalanan
Dengan Adanya Tundaan........................ 75
Tabel 4.25 Biaya Perjalanan
Akibat Tundaan Lalu Lintas...................... 76
Tabel 4.26 Biaya Perjalanan
Per Segmen Dalam Satu Hari.................... 77
DAFTAR NOTASI
Notasi Keterangan Satuan
MC Sepeda
motor
LV Kendaraan
ringan
HV Kendaraan
berat
FV Kecepatan
arus bebas kendaraan ringan
sesungguhnya km/jam
FVO Kecepatan
arus bebas dasar kendaraan ringan km/jam
FVW Faktor
penyesuaian kecepatan arus bebas
untuk
lebar jalan
FFVSF Faktor
penyesuaian kecepatan arus bebas
untuk
hambatan samping
FFVCS Faktor
penyesuaian kecepatan arus bebas
untuk
ukuran kota
C Kapasitas smp/jam
CO Kapasitas
dasar untuk kondisi tertentu smp/jam
FCW Faktor
penyesuaian kapasitas untuk lebar
jalur
jalan
FCSP Faktor
penyesuaian kapasitas untuk pemisah
arah
FCSF Faktor
penyesuaian kapasitas untuk hambatan
samping
FCCS Faktor
penyesuaian kapasitas untuk ukuran
kota
DS Derajat
kejenuhan
Q Volume
lalu lintas kend/jam
V Kecepatan
perjalanan km/jam
L Panjang
segmen km
T Waktu
tempuh jam
D Biaya
kemacetan akibat tundaan Rp
BOK Biaya
operasi kendaraan Rp/km
NW Nilai
waktu perjalanan Rp/jam
DAFTAR LAMPIRAN
Lampiran A Peta Lokasi Jalan
Imam Bonjol
Lampiran B Data Hasil Survei
Lalu Lintas
Lampiran C Rekapitulasi Hasil
Survei Lalu Lintas
Lampiran D Lama Waktu Tundaan
dan Grafik Volume Lalu Lintas
Lampiran E Hasil Survei Waktu
Perjalanan
Lampiran F Foto Dokumentasi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar